Tunisia dan Nigeria, dua tim pertama lolos ke Piala Dunia Basket 2019

Jakarta (ANTARA News) – Tunisia dan Nigeria menjadi dua tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia Bola Basket 2019 di China.

Kedua tim melanjutkan catatan sapu bersih kemenangan masing-masing hingga laga kedelapan dalam putaran kedua kualifikasi Zona Afrika pada Minggu WIB, demikian dilaporkan laman resmi FIBA.

Tunisia yang tergabung di Grup E putaran kedua kualifikasi Zona Afrika berhasil membekuk Mesir 69-47 di Salle Multidisciplinaire de Rades, Tunisia.

Sementara Nigeria memastikan langkah mereka ke putaran final setelah mengalahkan Afrika Tengah dengan skor cukup telak 114-69 di Grup F.

Kemenangan Nigeria praktis memastikan kedua tim akan meraih tiket ke putaran final kendati mereka masih menyisakan empat pertandingan untuk dijalani.

Pasalnya, apapun hasil yang diraih Nigeria di pada empat pertandingan berikutnya, mereka setidaknya akan menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup F.

Sedangkan bagi Tunisia, apapun hasil yang mereka peroleh di sisa laga, mereka dipastikan akan menempati sekurang-kurangnya posisi ketiga Grup E atau posisi ketiga terbaik dalam putaran kedua kualifikasi Zona Afrika.

Baca juga: Arena Piala Dunia Basket 2023 dipersiapkan

Baca juga: Resmi, Indonesia tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023

Sedikitnya tiga tiket tersisa masih diperebutkan 10 negara zona Afrika lainnya. Dua tim teratas di Grup E dan Grup F bakal lolos, ditambah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Berikut klasemen sementara putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia Bola Basket 2019 zona Afrika (urutan, negara, menang, kalah).

Grup E
1. Tunisia 8-0
2. Angola 6-2
3. Kamerun 5-3
4. Mesir 4-4
5. Maroko 3-5
6. Chad 2-6

Grup F
1. Nigeria 8-0
2. Senegal 7-1
3. Afrika Tengah 3-5
4. Rwanda 3-5
5. Pantai Gading 3-5
6. Mali 3-5

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018