Indonesia sudahi fase penyisihan kejuaraan basket pelajar Asia tanpa kemenangan

Yogyakarta (ANTARA News) – Meski bertanding di hadapan pendukung sendiri, tim bola basket putra dan putri Indonesia tak memetik satu kemenangan pun hingga fase penyisihan Kejuaraan Bola Basket Pelajar Asia 2018 berakhir di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Selasa.

Di laga pamungkas babak penyisihan, tim putra yang dimotori Kelvin Sanjaya, pelajar asal Pekanbaru dengan tinggi 199cm, menyerah 54-66 kepada Hong Kong.

Sebelumnya, tim putri juga dikandaskan oleh Hong Kong dengan skor cukup telak 54-78.

Kegagalan merebut satu pun kemenangan itu menempatkan tim putra dan putri Indonesia berada di urutan terakhir dari empat peserta.
   
Tuan rumah hanya berharap untuk meraih peringkat ketiga pada pertandingan yang akan berlangsung pada Kamis (13/9), sekaligus pertandingan hari terakhir yang menggelar partai final.
   
Tim putra kembali akan berhadapan dengan Hong Kong untuk perebutan peringkat ketiga, sementara putri menghadapi China.
   
Sementara babak final putra akan mempertemukan Thailand dengan China dan final putri Thailand dan Hong Kong.
   
Pelatih putra Rifki Antolyon mengatakan bahwa ia memang sengaja memberikan instruksi kepada pemain agar bermain lepas dengan maksud untuk membaca permainan Hong Kong.
   
“Saya memang sengaja menerapkan permainan lepas kepada pemain, dengan harapan kita bisa mengubah strategi bila berhadapan pada pertandingan perebutan peringkat ketiga nanti,” kata Rifki.

Baca juga: Garuda Muda gagal atasi Gajah Putih

Baca juga: Giliran putra Indonesia takluk kepada China
    
Tapi secara keseluruhan, Rifki mengakui bahwa pemain sudah tidak berada dalam kondisi terbaik, berbeda dengan ketika menghadapi China dengan skor yang lebih tinggi dibanding menghadapi Hong Kong.
   
Rifki juga mempertanyakan kebijakan panitia yang membuat jadwal pertandingan tiga hari bertanding berturut-turut tanpa jeda.
   
“Bermain tiga hari berturut-turut tentu menguras tenaga. Biasanya untuk turnamen basket, ada jeda satu hari istirahat agar pemain bisa memulihkan kondisi fisik yang terkuras,” katanya.
   
Gregorius Lindu Aji yang berperan sebagai kapten tim, tampil sebagai pencetak angka terbanyak, yaitu 12 angka dan menjadi satu-satunya pemain yang mampu meraih angka dua digit.
  
Sementara angka tertinggi untuk Hong Kong dicetak Fung Shek Cheung dengan 18 angka, disusul rekannya Wei Yiu Siu (14).

Baca juga: Tim bola basket putri Indonesia gagal meraih satu pun kemenangan

Baca juga: Putri Hong Kong tumbangkan China di kejuaraan pelajar Asia
   
Pada pertandingan sebelumnya, tim putri yang dimotori anggota tim Asian Games 2018 Adelaide “Lady” Callista Wongsohardjo juga menyerah 54-78 kepada Hong Kong.
   
Bagi Hong Kong, kemenangan tersebut membuat mereka dipastikan tampil sebagai juara grup dan ditantang Thailand untuk perebutan gelar juara.

Berikut klasemen akhir babak penyisihan kejuaraan bola basket pelajar Asia:

Putra:
1. Thailand
2. China
3. Hong Kong
4. Indonesia

Putri:
1. Hong Kong
2. Thailand
3. China
4. Indonesia

Baca juga: Putri Indonesia gagal robohkan tembok China

Baca juga: “Lady” Adelaide, andalan Indonesia di kejuaraan basket pelajar Asia

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018